Jumat, 19 Desember 2014

Contoh Turbo Pada Mobil F1

Contoh Turbo Pada Mobil F1
Ternyata mobil-mobil balap F1 atau yang biasanya disebut dengan jet darat ini tidak menggunakan turbo. Hal ini dibuat demi keselamatan pembalap. Sehingga jika ingin mobil F1 bisa bergerak dengan cepat, maka yang harus diperhatikan adalah pada bagian mesin dan aerodinamis mobilnya.
Mesin yang digunakan pada mobil F1 memiliki langkah (stroke) yang sangat pendek (over square). Begitu pendeknya hingga langkah piston lebih pendek daripada diameter pistonnya dengan perbandingan hingga 1 : 2. Dengan kata lain panjang langkah piston separo diameternya. Konsekuensinya putaran mesin menjadi cenderung lebih tinggi dibanding mesin konvensional.
Mesin dengan langkah pendek memiliki kelemahan dalam menghasilkan torsi, untuk menutupi kelemahan tersebut, jumlah silinder dibuat lebih banyak antara 6, 8, 10, bahkan 12 silinder. Akan tetapi, dengan alasan keselamatan jiwa pembalap, FIA [Federation Internationale de l'Automobile (Federasi Otomobil Internasional)] menggulirkan regulasi yang membatasi jumlahnya tidak melebihi 8 silinder dan kapasitas mesin pun dibatasi hanya 2.400cc.
Perangkat turbo juga diharamkan, dengan kata lain ‘napas’ mesin hanya mengandalkan kevakuman yang diciptakan oleh langkah isap piston alias normally aspirated. Namun para perancang mesin berkolaborasi dengan desainer mobil F1 menyiasatinya dengan membuat ‘corong’ di bagian atas kepala pembalap untuk ‘menangkap’ dan ‘memaksa’ udara menekan saluran intake yang efeknya mirip efek turbocharger. 
Agar mesin mudah meraih putaran tinggi dengan spontan, komponen dibuat seringan mungkin, dan kekuatan komponen merupakan salah satu kunci kemenangan agar mesin mampu di-geber selama kompetisi. Oleh karena itu, ‘jeroan’ mesin yang bergerak terbuat dari material yang ringan namun tangguh.
Salah satu contohnya adalah mesin V6 Turbo 1600 cc. Kelebihan dari mesin ini adalah :
  1. Memiliki putaran mesin hingga 15.000 rpm
  2. Dengan asumsi pit stop bensin ditiadakan, saat start lomba di 2014 pembalap akan membawa 100 kg bensin
  3. Mesin turbo V6 2014 dilengkapi "direct injection" dengan tekanan maksimal sampai 500 bar
  4. Output power mesin V6 turbo = 75 bhp
  5. Mesin tubo V6 ini bisa bertahan hingga 4000 km.
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar